Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Isntalasi Farmasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Bayu Asih Purwakarta
Kesehatan merupakan salah satu unsur hak asasi manusia yang harus diperoleh oleh seluruh lapisan masyarakat dan merupakan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama dalam hal kesehatan dan berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Tingginya biaya kesehatan semakin menyulitkan masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan, Salah satu metode yang dapat digunakan dalam meringankan beban pembiayaan kesehatan dengan menggunakan asuransi. Upaya telah dilakukan pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat seperti adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari hal tersebut di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian di RSUD Bayu Asih Purwakarta berkaitan dengan Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan (IRJ) di RSUD Bayu Asih Purwakarta. Bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian rawat jalan pada dimensi Sarana, Komunikasi,Informasi dan Edukasi (KIE),Kecepatan dan Keramahan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunankan metode observasional dengan pendekatan cross sectional secara prospektif, penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara (Pegisian Kuesioner) terhadap pasien RSUD Bayu Asih Purwakarta.
Hasil dari penelitian pasien peserta JKN rawat jalan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Farmasi RSUD Bayu Asih Purwakarta. Hal ini dapat di lihat pada nilai kepuasan dari setiap kriteri pelayanan kepada pasien sebesar 74,21 %, dimana pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merasa nyaman terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi RSUD Bayu Asih Purwakarta.
Kata Kunci: Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pelayanan Instalasi Farmasi, Kepuasan Pasien RSUD Bayu Asih Purwakarta.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Monika, Serla - Personal Name Astuti, Diany - Personal Name Frianto, Dedy - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/FM 200062 |
Subyek |
Farmasi Kesehatan
|
Klasifikasi |
Farmasi |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Farmasi |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
Farmasi |
Citation
. (2020).Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Isntalasi Farmasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Bayu Asih Purwakarta.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd