Detail Cantuman

Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Isntalasi Farmasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Bayu Asih Purwakarta

Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Isntalasi Farmasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Bayu Asih Purwakarta


Kesehatan merupakan salah satu unsur hak asasi manusia yang harus diperoleh oleh seluruh lapisan masyarakat dan merupakan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama dalam hal kesehatan dan berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Tingginya biaya kesehatan semakin menyulitkan masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan, Salah satu metode yang dapat digunakan dalam meringankan beban pembiayaan kesehatan dengan menggunakan asuransi. Upaya telah dilakukan pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat seperti adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari hal tersebut di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian di RSUD Bayu Asih Purwakarta berkaitan dengan Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan (IRJ) di RSUD Bayu Asih Purwakarta. Bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian rawat jalan pada dimensi Sarana, Komunikasi,Informasi dan Edukasi (KIE),Kecepatan dan Keramahan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunankan metode observasional dengan pendekatan cross sectional secara prospektif, penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara (Pegisian Kuesioner) terhadap pasien RSUD Bayu Asih Purwakarta.

Hasil dari penelitian pasien peserta JKN rawat jalan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Farmasi RSUD Bayu Asih Purwakarta. Hal ini dapat di lihat pada nilai kepuasan dari setiap kriteri pelayanan kepada pasien sebesar 74,21 %, dimana pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merasa nyaman terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi RSUD Bayu Asih Purwakarta.

Kata Kunci: Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pelayanan Instalasi Farmasi, Kepuasan Pasien RSUD Bayu Asih Purwakarta.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Monika, Serla - Personal Name
Astuti, Diany - Personal Name
Frianto, Dedy - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/FM 200062
Subyek Farmasi
Kesehatan
Klasifikasi Farmasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Farmasi
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik Farmasi

  Tags :
Farmasi
Kesehatan

Citation

. (2020).Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Isntalasi Farmasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Bayu Asih Purwakarta.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id