Pengaruh Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan (Studi Eksperimen Pada Kelas II SDN Kampungsawah III Tahun Pelajaran 2018/2019)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SDN Kampungsawah III, karena saat melakukan observasi di sekolah SDN Kampungsawah III tidak semua siswanya berkemampuan menulis permulaan dan kurangnya media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SDN Kampungsawah III yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 25 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dikatakan berhasil diterapkan di kelas rendah untuk menumbuhkan kemampuan menulis permulaan. Dari hasil penilitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat menumbuhkan kemampuan menulis permulaan siswa sekolah dasar kelas II SDN Kampungsawah III tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, kemampuan menulis permulaan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Dewi, Lusiana - Personal Name Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name Prihamdani, Depi - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190097 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan (Studi Eksperimen Pada Kelas II SDN Kampungsawah III Tahun Pelajaran 2018/2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd