Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SDN Gombongsari tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kuantitatif yang melibatkan satu kelas yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Desaign, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa SDN Gombongsari sample penelitianya adalah Kelas II sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data melalui soal pilihan ganda. Hasil analisis pada data pretest masih terdapat nilai yang rendah adalah 9 setelah dilakukan treatment pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe Make a Match. Hasil analisis pada posttest diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 10,82. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap keterampilan sosial siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh Model Cooperative Learning tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDN Gombongsari.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning tipe Make a Match, Hasil Belajar Matematika.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Hasan, Yulia - Personal Name Alpian, Yayan - Personal Name Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190094 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd