Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Katerampilan Sosial Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas III SDN Adiarsa Barat II Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun 2018/2019)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas III SDN Adiarsa Barat II. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kuantitatif yang melibatkan satu kelas yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Desaign, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas III sample penelitianya adalah Kelas III A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket keterampilan sosial siswa.
Hasil analisis pada data pretest masih terdapat nilai yang rendah adalah 52 setelah dilakukan treatment pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Hasil analisis pada posttest diperoleh bahwa hasil keterampilan sosial siswa meningkat dengan rata-rata 82,82. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap keterampilan sosial siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas III SDN Adiarsa Barat II Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Quantum Teaching, Keterampilan Sosial Siswa
Detail Information
Citation
. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Katerampilan Sosial Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas III SDN Adiarsa Barat II Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun 2018/2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd