Analisis kesulitan Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Sukamakmur I Telukjambe Timur Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa yang diamati melalui proses pembelajaran dan kemampuan vocabulary siswa sendiri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek utama penelitian adalah siswa dan subjek pendukung penelitian adalah guru Bahasa Inggris. Penentu sumber data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive yaitu dipilih dengan pertimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V di Sekolah Dasar Sukamakmur I Telukjambe Timur dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah kesulitan menulis vocabulary, membaca vocabulary dan memahami arti dari vocabulary Bahasa Inggris. Penyebab munculnya kesulitan belajar tersebut karena faktor internal dan eksternal. Faktor yang muncul dari diri siswa sendiri yaitu (1) Rendahnya kesadaran siswa untuk belajar dan mengikuti proses pembelajaran dengan focus, (2) Siswa belum memahami manfaat belajar bahasa Inggris sehingga beranggapan bahwa Bahwa Bahasa Inggris tidak terlalu penting. Faktor yang timbul dari lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah antara lain (1) Lingkungan keluarga dan masyarakat yang tergolong rendah dalam pendidikan (2) Lingkungan yang kurang mendukung siswa untuk belajar bahasa Inggris, Siswa hanya belajar bahasa Inggris di sekolah. (3) Sedangkan dari lingkungan sekolah, Guru kurang mempersiapkan pembelajaran sehingga kurang menarik, (4) Minimnya sarana belajar Bahasa Inggris di sekolah, (5) Guru tidak memakai alat peraga.
Kata kunci : Kesulitan belajar, vocabulary Bahasa Inggris
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Hermawandi, Ilena - Personal Name Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name Prihamdani, Depi - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190082 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Analisis kesulitan Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Sukamakmur I Telukjambe Timur Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd