Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasional Pada Kelas V di SD Negeri Gugus Nagasari Kecamatan Karawang Barat Tahun Pelajaran 2018/2019)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan social dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus Nagasari Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Gugus Nagasari Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 571 orang siswa. Dengan mengambil sampel 15% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 85 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket keterampilan social dan motivasi belajar siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan antara keterampilan social dengan motivasi belajar siswa. Hal ini diperoleh thitung 6,933 > ttabel 1,989 dan r_xy 0,606 dengan signifikan 0,05 dan n = 85 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan social dan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang kuat.
Kata Kunci : keterampilan sosial, motivasi belajar
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Mulyani, Ranti - Personal Name Alpian, Yayan - Personal Name Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190070 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasional Pada Kelas V di SD Negeri Gugus Nagasari Kecamatan Karawang Barat Tahun Pelajaran 2018/2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd