Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Pemahaman IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Nagasari IV Kecamatan Karawang Barat Kabupaten KarawangTahun Pelajaran 2018/2019)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa pada pemahaman IPA sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Nagasari IV Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 420 orang siswa. Dengan mengambil sampel 10% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tulis berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan Uji t melalui program SPSS Versi 16. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan hasil pemahaman IPA antara siswa yang menggunakan model quantum learning dengan yang tidak menggunakan model quantum learning. Hal ini diperoleh nilai t sebesar 7.462 dan nilai (sig.2-tailed) dengan uji-t independen samples test yaitu sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh model quqntum learning dengan pemahaman IPA siswa memiliki hubungan yang kuat.
Kata kunci :quantum learning, Pemahaman IPA
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Nurhasan - Personal Name Alpian, Yayan - Personal Name Anwar, Aang Solahudin - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190068 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Pemahaman IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Nagasari IV Kecamatan Karawang Barat Kabupaten KarawangTahun Pelajaran 2018/2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd