Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS


Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Wadas II. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data rata-rata pretest kelas ekspeimen sebesar 61,3 dan kelas kontrol sebesar 67,9. Setelah diberikan perlakuan dan melakukan posttest bahwa hasil akhir kelas eksperimen sebesar 81 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 67,9. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t yakni uji paired sampel T test dan diperoleh pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai probabilitas (signifikansi) adalah 0.00. Karena nilai signifikansi, maka Ho di tolak. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Wadas II.

Kata Kunci :Problem Solving, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Haryani, Lilis - Personal Name
Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name
Prihamdani, Depi - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/SD 190064
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi PGSD
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik PGSD


Citation

. (2019).Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id