Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Wadas II. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data rata-rata pretest kelas ekspeimen sebesar 61,3 dan kelas kontrol sebesar 67,9. Setelah diberikan perlakuan dan melakukan posttest bahwa hasil akhir kelas eksperimen sebesar 81 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 67,9. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t yakni uji paired sampel T test dan diperoleh pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai probabilitas (signifikansi) adalah 0.00. Karena nilai signifikansi, maka Ho di tolak. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Wadas II.
Kata Kunci :Problem Solving, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Haryani, Lilis - Personal Name Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name Prihamdani, Depi - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190064 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd