Studi Analisis Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas V SDN Karangjaya II Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanstudi analisis kesulitan belajar membaca pada siswa kelas V SDN Karangjaya II Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif jenis penelitian deskriptif.Subjek penelitiannya yaitu siswa berkesulitan belajar membaca pada siswa kelas V di SDN Karangjaya II berinisial SM. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar membaca pada siswa kelas V di SDN Karangjaya II yang berinisial SM masih belum optimal dari enam tahapan pelaksanaan bimbingan satu tahapan yang belum terlaksana yaitu prognosis atau tindakan mencari alternatif masalah. Bimbingan belajar membaca dilakukan oleh peneliti pada saat jam istirahat sekolah SM. Sementara itu pihak sekolah, guru acuh tak acuh dan kurang kooperatif terhadap SM yang berkesulitan membaca. Kemampuan SM dalam pelaksanaan belajar membaca masih terlihat kurang.
Kata kunci :bimbingan belajar, siswa berkesulitan belajar membaca
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Nurdini, Devi - Personal Name Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name Prihamdani, Depi - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190060 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Studi Analisis Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas V SDN Karangjaya II Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd