Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya III Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2018/2019)
Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and lerning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kondangjaya III. Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kondangjaya III yang terdiri atas 4 kelas yaitu VA, VB, VC, dan VD. Teknik pengumpulan data penelitian dengan simple Random Sampling. Teknis analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang belajar menggunakan model pembelajarn contextual teaching and learning dan kelas yang belajar tanpa model pembelajaran contextual teaching and learning. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,696 > rtabel 0,242 dengan signifikan 0,05 dan n = 66 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi beajar siswa di kelas V SD Negeri Kondangjaya III, siswa yang belajar menggunakan model pembelajarn contextual teaching and learning dan kelas yang belajar tanpa model pembelajaran contextual teaching and learning.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Puspawati - Personal Name Alpian, Yayan - Personal Name Anwar, Aang Solahudin - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190057 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya III Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2018/2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd