Detail Cantuman

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya III Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2018/2019)

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya III Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2018/2019)


Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and lerning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kondangjaya III. Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kondangjaya III yang terdiri atas 4 kelas yaitu VA, VB, VC, dan VD. Teknik pengumpulan data penelitian dengan simple Random Sampling. Teknis analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang belajar menggunakan model pembelajarn contextual teaching and learning dan kelas yang belajar tanpa model pembelajaran contextual teaching and learning. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,696 > rtabel 0,242 dengan signifikan 0,05 dan n = 66 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi beajar siswa di kelas V SD Negeri Kondangjaya III, siswa yang belajar menggunakan model pembelajarn contextual teaching and learning dan kelas yang belajar tanpa model pembelajaran contextual teaching and learning.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Puspawati - Personal Name
Alpian, Yayan - Personal Name
Anwar, Aang Solahudin - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/SD 190057
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi PGSD
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik PGSD


Citation

. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya III Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2018/2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id