Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar IPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pulojaya 1. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kuantitatif yang melibatkan dua kelas yaitu eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) dan kelas kontrol kontrol menggunakan metode konvensional/ceramah. Desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Postest Design, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV sample penelitianya adalah Kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 21 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes berupa soal Pilihan Ganda.
Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen nilai yang didapat masih rendah nilai yang diperoleh sebesar 58,5, seadangkan pada kelas kontrol adalah 56,8. Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD). Hasil analisis pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa hasil belajar IPA siswa meningkat dengan rata-rata 73,5, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 72,8. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa .Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pulojaya 1 tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Students Teams Achievement Divisions (STAD, Hasil Belajar IPA
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Kurnia, Pina - Personal Name Alpian, Yayan - Personal Name Anwar, Aang Solahudin - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190050 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar IPA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd