Detail Cantuman

Pengaruh Model Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Pengaruh Model Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa kelas IV sekolah dasar yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sukamakmur 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sukamakmur 1 yang berjumlah 97 siswa. Peneliti mengambil sampel 40 siswa dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengumpulan data melalui tes soal Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) pada soal Matematika. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan pearson product moment. Hasil dari uji validitas tes soal Matematika diperoleh 10 butir instrumen yang valid dari 10 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil uji reliabilitas nilai r20 sebesar 0,939. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa kelas IV. Hal ini diperoleh probabilitas (signifikansi) 0.000 < 0.050 menunjukkan adanya pengaruh model pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa kelas IV.

Kata kunci: Kemampuan berpikir, Kreatif, Matematika


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Afifah, Nur - Personal Name
Fitri, Ayu - Personal Name
Sa'diah, Tia Latifatu - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/SD 190049
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi PGSD
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik PGSD


Citation

. (2019).Pengaruh Model Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id