Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Tipe Visual, Auditory, Dan Kinesthetic (VAK) Terhadap Belajar IPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Quantum Tipe Visual, Auditory, dan Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Negeri Margasari II Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Margasari II Kecamatan Karawang Timur. Dengan mengambil sampel sebagian dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 68 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan Test Of Homogenity Of Variance. Hasil dari uji validitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid 23 dari 40 butir instrumen yang diujicobakan. Perolehan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,44 sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,88. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,860. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Quantum Tipe Visual, Auditory, dan Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini diperoleh r hitung 0,860 > r tabel 0,361 dengan signifikansi 0.05 dan n = 68 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Tipe Visual, Auditory, dan Kinesthetic (VAK) dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA memiliki pengaruh yang signifikan.
Kata kunci : Model Quantum Tipe VAK, Hasil Belajar IPA .
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Wiharti, Unika - Personal Name Harmawati - Personal Name Yulistina Nur DS - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190047 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Tipe Visual, Auditory, Dan Kinesthetic (VAK) Terhadap Belajar IPA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd