Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Tentang Pembagian Terhadap Hasil Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Tentang Pembagian Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Tegalsawah 1. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kuantitatif yang melibatkan dua kelas yaitu eksperimen yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas kontrol kontrol menggunakan metode konvensional/ceramah. Desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Postest Design, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas II sample penelitianya adalah Kelas II A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas II B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes berupa soal essay.
Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen nilai yang didapat masih rendah nilai yang diperoleh sebesar 53,2, seadangkan pada kelas kontrol adalah 58,6.Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Hasil analisis pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa hasil belajar siswa tentang pembagian meningkat dengan rata-rata 86,2, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,6. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa .Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) tentang pembagian terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN Tegalsawah 1 tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci :Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar Matematika
Detail Information
Citation
. (2019).Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Tentang Pembagian Terhadap Hasil Belajar Siswa.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd