Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Narasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri Pasirawi I Kecamatan Rawamerta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 357 orang siswa. dengan mengambil sampel 20 orang di kelas V A dan 20 orang siswa di kelas V B. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan menulis narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan metode eksperimen dan perhitungan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan pengaruh yang signifikan pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis narasi siswa. hal ini diperoleh thitung sebesar 8,668 < 0,669 dengan signifikansi 0,00 dan n= 20. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh media gambar berseri memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi.
Kata Kunci: Media gambar berseri, menulis narasi, Bahasa Indonesia.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Widiawati, Wika - Personal Name Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name Prihamdani, Depi - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 190013 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2019).Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Narasi.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd