Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan membaca Permulaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 antara kelas yang menggunakan media kartu kata dan kelas yang tidak menggunakan media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuatitatif dengan metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Kondang Jaya III Kecamatan Karawang Timur yang berjumlah 36 orang siswa dengan mengambil sampel anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 20 orang siswa kelas I A dan I B masing-masing kedua kelas tersebut diberikan pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data melalui tes praktik membaca permulaan pada teks cerita. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan menggunakan software SPSS 23 for Windows. Hasil dari uji validitas kisi-kisi instrumen dan rubrik penilaian menggunakan validitas isi dengan melakukan Expert Judgment. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sig = 0.003 <α= 0.05 ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan media kartu kata dengan kelas yang tidak menggunakan media.
Kata kunci : Media kartu kata, kemampuan membaca permulaan
Detail Information
Citation
. (2019).Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan membaca Permulaan.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd