Pengaruh Metode Silaba Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Panyingkiran III Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang 2022-2023)
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat Pengaruh Metode Silaba Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eskperimen dan desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu melibatkan seluruh siswa SDN Panyngkiran III tahun ajaran 2022/2023 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling sehingga sampel yang didapatkan di kelas 1 berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes kemampuan membaca permulaan . Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Statistik Inferensial dan Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji –t dengan jenis paired simple t-test. Pada software SPSS Versi 22 for windows diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,15 >
2,16 (t tabel), maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji-t paired simpel test-t dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata Metode Silaba Terhadap Kemampuan Membaca permulaan baik pada Kelas yang menggunakan eksperimen atau kelas kontrol.
Kata Kunci : Metode Silaba, Kemampuan Membaca Permulaan Sekolah Dasar
Detail Information
Citation
. (2023).Pengaruh Metode Silaba Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Panyingkiran III Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang 2022-2023).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd