Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Deskriptif di Kantor Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur desa dalam pelayanan publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini ialah, pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah Desa Duren sudah sangat baik, selain saling mendukung dan mengayomi masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, tentunya kritik dan saran yang diterima dari masyarakat selalu ditanggapi dengan baik pula, contohnya ketika dalam rapat desa kritik saran yang diterima dari masyarakat selalu tersampaikan kepada kepala desa, disampaikan dengan baik dalam rapat seluruh aparatur desa yang dilaksanakan seminggu sekali. Penelitian akan persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur desa dalam pelayanan publik akan memberikan dampak yang positif serta terjadinya perbaikan-perbaikan dalam proses pelayanan publik, untuk itu kepada pihak aparatur desa agar lebih mengembangkan lagi kinerja dan loyalitasnya kepada masyarakat guna terjadinya kontribusi positif antara aparatur desa dan masyarakat demi mendukung keberhasilan kinerja aparatur desa dalam pelayanan publik.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat Desa, Kinerja Aparatur Desa, Pelayanan Publik
Detail Information
Citation
. (2023).Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Deskriptif di Kantor Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd