Perbandingan Akurasi Algoritma Naive Bayes Multinomial Dan Naive Bayes Complement Terhadap Analisis Sentimen Kurikulum Merdeka
Kementerian Pendidikan meluncurkan program kurikulum merdeka untuk tingkat sekolah. Pelajar sebagai pelaku yang merasakan langsung pengaruh pada kurikulum dapat mengembangkan minat, bakat dan keterampilan agar menjadi lulusan yang siap terjun dalam dunia kerja maupun pendidikan tinggi. Namun, program ini memicu respon pro dan kontra di Twitter, pada penelitian ini dilakukan analisis sentimen terhadap kurikulum merdeka dengan menerapkan algoritma naïve bayes multinomial dan comolement. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dengan menggunakan 627 data yang telah di label dan di pre-processing, dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data uji. Evaluasi yang digunakan menggunakan confusion matrix memperoleh akurasi sebesar 89% untuk multinomial dan 88% untuk complement. Dapat disimpulkan algoritma multinomial mendapatkan hasil akurasi lebih tinggi dalam analisis sentimen.
Kata kunci: Analisis sentimen, Twitter, Kurikulum Merdeka, Multinomial, Complement
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Wenda Adi Kusnaya - Personal Name Cahyana, Yana - Personal Name Juwita, Ayu Ratna - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/IF 230035 |
Subyek |
Informatika Komputer
|
Klasifikasi |
Teknik Informatika |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Komputer |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
Teknik Informatika |
Citation
. (2023).Perbandingan Akurasi Algoritma Naive Bayes Multinomial Dan Naive Bayes Complement Terhadap Analisis Sentimen Kurikulum Merdeka.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd