Metode Daring Dalam Memotivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Duren 3 Karawang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode daring dalam memotivasi belajar siswa di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Duren 3 Klari Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru, dua orang tua siswa dan dua siswa SD Negeri Duren 3. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam, dan pecatatan dokumen. Penelitian ini juga mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan kejadian yang dilakukan oleh informan yang diteliti. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran metode daring dimasa pandemi sangat berpengaruh untuk memotivasi anak untuk belajar dan juga mempermudah anak untuk belajar di masa pandemi, sehingga anak masih bisa mendapatkan ilmu pelajaran meski tidak pergi ke sekolah dan hanya belajar di rumah. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa metode daring tidak hanya membuat siswa termotivasi untuk belajar namun juga lebih mandiri mengerjakan tugas-tugasnya, namun ada juga beberapa kesulitan yang sering dialami dari pengguaan metode daring tersebut yaitu kendala pada jaringan dan fasilitas yang ada pada siswa, dan pengetahuan tentang metode daring namun bisa diminimalisir dengan adanya pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada orang tua siswa dan siswa.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Metode daring.
Detail Information
Citation
. (2021).Metode Daring Dalam Memotivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Duren 3 Karawang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd