Analisis Pemahaman Konsep IPS Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV di SDN Karyabakti II Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep IPS di sekolah dasar serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep IPS di sekolah dasar terutama di SDN Karyabakti II Desa Karyabakti Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini hanya memakai satu siswa di kelas IV SDN Karyabakti II pada semester II tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi pada siswa kelas IV SDN Karyabakti II. Dari hasil pengumpulan data tersebut pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV yang terletak di SDN Karyabakti II terbilang kurang memahami tentang pelajaran IPS terlebih khusus pada materi sejarah dilingkungan setempat, pernyataan tersebut di dukung dengan hasil dari wawancara. Hasil wawancara antara peneliti dengan guru kelas IV serta siswa kelas IV. Berdasarkan faktor dari kurangnya pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV yang berinisialkan AMW ini yaitu terlalu terfokus untuk menggunakan teknologi yang ada di era 4.0 ini terutama menggunakan handphone dengan penggunaan yang belum bijak, siswa lebih mementingkan memainkan handphone untuk kesenangannya saja, akan tetapi masih belum bisa menggunakannya untuk mencari informasi atau menggunakan handphone tersebut untuk keperluan pembelajarannya sehingga dapat dikatakan siswa ini masih belum bisa menggunakan teknologi yang ada di era 4.0 ini dengan bijak.
Kata kunci : Pemahaman konsep IPS, Era 4.0..
Detail Information
Citation
. (2022).Analisis Pemahaman Konsep IPS Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV di SDN Karyabakti II Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd