Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kematangan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas III SDN Karyamakmur III Tahun Pelajaran 2020/2021)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap kematangan sosial siswa kelas III SDN Karyamakmur III Dusun Telukampel, Karyamakmur, Kec. Batujaya, Kab. Karawang Prov. Jawa Barat. Yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa SDN Karyamakmur III dengan jumlah 255 orang siswa. Dengan sampel kelas III yang berjumlah 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui butir soal isian untuk mengetahui kematangan social siswa. Hasil dari penelitian ini adalah dengan menerapkan Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament dapat mempengaruhi Kematangan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Dibuktikan dari perhitungan hasil analisis uji hipotesis dengan uji t pada hasil uji paired simple test diperoleh nilai signifilasi 0,000 < 0,05 maka ditolak. Hasil analisis uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dan nilai postest. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode Cooperative Leaning Tipe Teams Games Tournament dapat berpengaruh terhadap kematangan sosial siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Teams Games Tournament, Kematangan Sosial Siswa
Detail Information
Citation
. (2021).Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kematangan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas III SDN Karyamakmur III Tahun Pelajaran 2020/2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd