Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Jawa Barat)
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cengkong II Kecamatan Purwasari kabupaten Karawang. Subjek penelitian ini adalah 3 orang yaitu guru kelas IV, 1 orang siswa dan 1 orangtua siswa. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran daring pada masa covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan dan wawancara. Instrumen pengumpulan data terdiri atas pengamatan dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan melakukan Teknik analisis data model Miles and Humberman.
Hasil dari pengamatan dan wawancara diperoleh bahwa Sekolah Dasar Negeri Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang pada masa pandemi covid-19 melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan model pembelajaran daring / online. Aplikasi whatsapp, google meet, google form, zoom dan kine master adalah aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring / online. Handphone, kuota dan jaringan internet yang kuat dan stabil merupakan faktor utama dalam proses pembelajaran daring / online, agar tercapainya materi ajar dan tujuan pembelajaran selama guru menjelaskan dan menyampaikan materi yang telah disiapkan. Selain itu terdapat kendala dalam proses pembelajaran daring yaitu: jaringan internet yang tidak stabil dan tidak semua siswa memiliki handphone / gadget.
Kata kunci : Implementasi pembelajaran, model pembelajaran daring / online.
Detail Information
Citation
. (2021).Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Jawa Barat).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd