Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berbantuan Multimedia Interaktif Pada SIswa Kelas V Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V SD berbantuan multimedia interaktif. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas V dan 25 siswa kelas V di SDN Cikampek Pusaka 1. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, wawancara untuk siswa dan guru, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan adalah data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan. Terdapat tiga tahapan analisis pada penelitian ini yaitu reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan multimedia interaktif dapat membantu siswa menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif, siswa mampu berada pada tingkat kemampuan berpikir kreatif 4 atau sangat kreatif. Implementasi multimedia interaktif membantu penyampaian materi yang disampaikan oleh guru karena penampilannya yang menarik, sehingga siswa dapat memahami materi dengan lebih mudah.
Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis, multimedia interaktif
Detail Information
Citation
. (2021).Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berbantuan Multimedia Interaktif Pada SIswa Kelas V Sekolah Dasar.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd