Penguatan Nilai Pancasila Dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah (Studi Deskriptif Pada Siswa di SMP PGRI Pangkala)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Di Sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI Pangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, Guru PPKn, dan Siswa SMP PGRI Pangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam upaya penguatan nilai-nilai Pancasila dalam mencegah kenakalan remaja di sekolah, SMP PGRI Pangkalan membuat sebuah program pembiasaan melalui kegiatan yang ada di sekolah dan kegiatan ekstrakurikurer. Remaja atau peserta didik memungkinkan akan menjadi pribadi yang berbudi pekerti dan membawa mereka pada perilaku baik. Mereka akan terbiasa untuk berbuat baik kepada dirinya dan juga kepada orang lain. Selain itu, lingkungan dan peran teman sebaya juga sangat berperan penting dalam proses perkembangan remaja, karena lingkungan dan peran teman sebaya akan dijadikan contoh oleh para remaja dalam mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapatkan. Sehingga perlu adanya penguatan nilai-nilai Pancasila.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pancasila, Kenakalan Remaja, dan Peran Teman Sebaya
Detail Information
Citation
. (2021).Penguatan Nilai Pancasila Dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah (Studi Deskriptif Pada Siswa di SMP PGRI Pangkala).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd