Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran PPKN SMAN 1 Rawamerta Tahun Pelajaran 2020/2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran PPKn SMAN 1 Rawamerta tahun pelajaran 2020/2021. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang siswa dari 132 populasi kelas X SMAN 1 Rawamerta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Kemudian, diuji keabsahannya melalui validitas dan reabilitas. Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, uji normalitas dan uji hipotesis korelasi pearson’s product moment menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 21. Hasil penelitian ini menujukan bahwa skor kedua variable pola asuh demokratis dengan prestasi belajar siswa sebesar 93,16% yang artinya sebagian besar orang tua menerapkan serta mengakui bahwa pola asuh demokratis berhubungan dengan prestasi belajar siswa disekolah. Sedangkan lebih dari setengah responden menerapkan pola asuh demokratis dengan 59,49% dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn yang diperoleh dari keseluruhan nilai rapor semester 1 dan 2 kelas X SMAN 1 Rawamerta tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai rata-rata 75,57% dengan predikat “B” yang artinya “Baik”. Sehingga, terdapat korelasi positif yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn sebesar 0,674 yang dinyatakan berkorelasi kuat. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian menujukan bahwa semakin tinggi orang tua menerapkan pola asuh demokratis, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa (PPKn) disekolah.
Kata kunci: Pola Asuh Demokratis, Prestasi Belajar Siswa, PPKn.
Detail Information
Citation
. (2021).Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran PPKN SMAN 1 Rawamerta Tahun Pelajaran 2020/2021.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd