Pengaruh Sistem Zonasi Peserta Didik Terhadap Peningkatan Disiplin Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telukjambe Timur
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Sistem Zonasi Peserta Didik terhadap Peningkatan Disiplin Siswa Kelas VIII SMPN 2 Telukjambe Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang diterima melalui sistem zonasi di SMPN 2 Telukjambe Timur dan pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability sampling yaitu dengan metode sampling kuota. Sampel pada penelitian ini menggunakan taraf signifikansi 5% dengan jumlah 187 responden. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi, analisis deskriptif dan analisis statistik dengan regresi linier sederhana menggunakan SPSS (Social Sciences Program Statistics) versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Zonasi terhadap disiplin siswa kelas VIII SMPN 2 Telukjambe Timur berpengaruh positif. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (5,145) > ttabel (1,972) dan nilai signifikansi (0,000) < 0.05, maka hipotesis H1 diterima H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel sistem zonasi terhadap peningkatan disiplin siswa kelas VIII SMPN 2 Telukjambe Timur. Pada hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0.125. Hal ini berarti bahwa besarnya pengaruh sistem zonasi terhadap disiplin siswa adalah sebesar 12,5%, sedangkan sisanya 87,5% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata Kunci : Sistem Zonasi, Peserta Didik, Disiplin
Detail Information
Citation
. (2021).Pengaruh Sistem Zonasi Peserta Didik Terhadap Peningkatan Disiplin Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telukjambe Timur.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd