Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Variety Seeking Terhadap Perpindahan Merek Pada Marketplace Lazada Ke Marketplace Lain Di Kabupaten Karawang
Lazada merupakan marketplace yang populer di Indonesia, namun jumlah kunjungan bulanannya terus mengalami penurunan secara signifikan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketidakpuasan konsumen, variety seeking dan brand switching Lazada di Kabupaten Karawang, mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung ketidakpuasan konsumen dan variety seeking terhadap brand switching Lazada di Kabupaten Karawang. Metode yang diguakan adalah kuantitatif dengan populasi masyarakat berdomisili di Kabuapten Karawang yang pernah belanja online di Lazada namun sudah beralih ke marketplace lain. Sampel yang diteliti sebanyak 150 responden, sampel diambil menggunakan teknik non probability dengan teknik sampling insidental. Analisis data menggunakan metode SEM dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen dan brand switching berada dalam kategori cukup tinggi, sedangkan variety seeking berada dalam kategori tinggi. Ketidakpuasan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variety seeking, variety seeking memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand switching, ketidakpuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap brand switching dan ketidakpuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap brand switching melalui variety seeking pada marketplace Lazada ke marketplace lain di Kabupaten Karawang. Dari hasil penelitian diketahui faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan brand switching adalah variety seeking dan variety seeking mampu memediasi ketidakpuasan konsumen terhadap brand switching.
Kata kunci: ketidakpuasan konsumen; variety seeking dan brand switching
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Mulyana - Personal Name Savitri, Citra - Personal Name Pertiwi, Wike - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/MN 210001 |
Subyek |
Manajemen
|
Klasifikasi |
Manajemen |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
Manajemen |
Citation
. (2021).Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Variety Seeking Terhadap Perpindahan Merek Pada Marketplace Lazada Ke Marketplace Lain Di Kabupaten Karawang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd