Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus Desa Jatibaru Ciasem Subang)
Keluhan masyarakat pada saat ini terbatas oleh media sebagian masyarakat merasa sulitnya untuk menyampaikan atau melaporkan peristiwa yang terjadi diwilayah tersebut. Pengaduan keluhanpun masih sepenuhnya belum menggunakan media teknologi informasi hal ini membuat masyarakat sulit untuk memberikan saran atau menyampaikan keluhannya. Dari permasalahan tersebut penulis mengembangkan sistem informasi untuk proses pengaduan masyarakat dengan metode waterfall. Tujuan dibuatkannya sistem ini yaitu untuk membuat website desa jatibaru, membuat website pengaduan bagi masyarakat, sehingga keluhan yang ada dimasyarakat bisa tersampaikan dengan baik melalui website pengaduan, masyarakat dapat melihat kembali pengaduan untuk mengetahui apakah pengaduan sudah diproses atau belum. Pengembangan sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dan HTML. Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi pengaduan masyarakat supaya aspirasi dari masyarakat tersampaikan dengan baik untuk pemerintah desa, semua pengaduan akan dibahas oleh aparatur desa untuk meminimalisir pengaduan dari masyarakat dan dengan adanya sistem ini juga dapat membantu memonitoring pengaduan yang disampaikan masyarakat.
Kata kunci: Pengaduan Masyarakat, Keluhan, Sistem informasi
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Irpan Hilmi - Personal Name Tukino - Personal Name Nurapriani, Fitria - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SI 210006 |
Subyek |
Komputer Sistem Informasi
|
Klasifikasi |
Sistem Informasi |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
Sistem Informasi |
Citation
. (2021).Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus Desa Jatibaru Ciasem Subang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd