Analisis Kesulitan Membaca Kelas III di Sekolah Dasar (Studi Kasus Kualitatif pada Siswa Kelas III SDN Plawad VI Tahun Pelajaran 2020/2021)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peserta didik yang mengalami kesulitan membaca baik itu kesulitan membedakan huruf atau kesulitan mengeja suatu kata di kelas III Sekolah Dasar di SD Negeri Plawad VI Karawang Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 dari 21 jumlah peserta didik di kelas III SD Negeri Plawad VI Karawang Timur. Teknik pengumpulan data ini melalui wawancara, dan observasi. Wawancara dilakukan kepada 4 responden yang diwakili oleh Kepala Sekolah, Guru, Peserta didik dan juga Orang Tua Peserta Didik. Teknik Analisis reduksi data pada penelitian ini yaitu memilih hal-hal pokok yang sesuai dengan fokus penelitian dan digunakan peneliti untuk menggolongkan, mengarahkan dan membuang data yang diperoleh peneliti berupa data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dari informan. Sehingga bisa memberikan gambaran yang lebih tajam tentang hasil pengamatan. Hasil dari penelitian ini terlihat sangat membantu untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca.
Kata Kunci : Peserta Didik, Kesulitan Membaca, Wawancara, Observasi, Penelitian
Detail Information
Citation
. (2020).Analisis Kesulitan Membaca Kelas III di Sekolah Dasar (Studi Kasus Kualitatif pada Siswa Kelas III SDN Plawad VI Tahun Pelajaran 2020/2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd