Implementasi Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SDN Walahar 01 Tahun Ajaran 2019-2020)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peranan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan pada kurikulum 2013 di SDN Walahar 01 dusun Jatimulya Desa Walahar Kecamatan Klari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah beberapa guru, siswa kelas II B dan siswa kelas V B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dari beberapa guru di SDN walahar 01, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan di SDN Walahar 01 sudah dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari upaya guru menggunakan bahasa Indonesia baik didalam maupun diluar kelas. Bahkan, selama proses pembelajaran berlangsung, guru berusaha mengarahkan peserta didik untuk selalu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia, meskipun masih ada beberapa guru yang terpaksa mengulang dan mengulas kembali materi menggunakan bahasa daerah saat peserta didik tidak memahami materi yang disampaikan. Peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan pada kurikulum 2013 juga diimplementasikan oleh guru-guru SDN Walahar 01 dengan berusaha mengintegrasikan antar KD, tema, maupun mata pelajaran pada saat proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah membaca bahan ajar yang akan disampaikan, menelaah RPP, menyiapkan media pembelajaran, dan mengikuti langkah-langkah yang ada pada buku guru. Selain itu, peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan juga dimaksimalkan oleh guru-guru SDN Walahar 01 dengan berupaya membangun tahapan demi tahapan pembelajaran berbasis teks. Baik itu tahap membangun konteks, pemodelan teks, membangun teks bersama, atau pun tahap membangun teks mandiri. Sehingga, peserta didik di SDN Walahar 01 sudah menunjukkan kemampuan dalam pembelajaran berbasis teks.
Kata kunci : implementasi, Bahasa Indonesia, kurikulum 2013, penghela ilmu pengetahuan
Detail Information
Citation
. (2020).Implementasi Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SDN Walahar 01 Tahun Ajaran 2019-2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd