Detail Cantuman

Implementasi Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SDN Walahar 01 Tahun Ajaran 2019-2020)

Implementasi Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SDN Walahar 01 Tahun Ajaran 2019-2020)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peranan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan pada kurikulum 2013 di SDN Walahar 01 dusun Jatimulya Desa Walahar Kecamatan Klari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah beberapa guru, siswa kelas II B dan siswa kelas V B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dari beberapa guru di SDN walahar 01, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan di SDN Walahar 01 sudah dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari upaya guru menggunakan bahasa Indonesia baik didalam maupun diluar kelas. Bahkan, selama proses pembelajaran berlangsung, guru berusaha mengarahkan peserta didik untuk selalu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia, meskipun masih ada beberapa guru yang terpaksa mengulang dan mengulas kembali materi menggunakan bahasa daerah saat peserta didik tidak memahami materi yang disampaikan. Peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan pada kurikulum 2013 juga diimplementasikan oleh guru-guru SDN Walahar 01 dengan berusaha mengintegrasikan antar KD, tema, maupun mata pelajaran pada saat proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah membaca bahan ajar yang akan disampaikan, menelaah RPP, menyiapkan media pembelajaran, dan mengikuti langkah-langkah yang ada pada buku guru. Selain itu, peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan juga dimaksimalkan oleh guru-guru SDN Walahar 01 dengan berupaya membangun tahapan demi tahapan pembelajaran berbasis teks. Baik itu tahap membangun konteks, pemodelan teks, membangun teks bersama, atau pun tahap membangun teks mandiri. Sehingga, peserta didik di SDN Walahar 01 sudah menunjukkan kemampuan dalam pembelajaran berbasis teks.

Kata kunci : implementasi, Bahasa Indonesia, kurikulum 2013, penghela ilmu pengetahuan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Badriani, Pini - Personal Name
Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name
Prihamdani, Depi - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/SD 200036
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan
Klasifikasi PGSD
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik PGSD


Citation

. (2020).Implementasi Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SDN Walahar 01 Tahun Ajaran 2019-2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id