Analisis Kesalahan Dalam Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas V SDN Adiarsa Timur 1 Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)
Penelitian ini memiliki 2 tujuan. (1) mendeskripsikan kesalahan apa saja yang sering dilakukan siswa dalam menulisan karangan narasi V di SD Adiarsa Timur (2) mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data yang peneliti guakan yaitu denagan wawancara, observasi dan dokumentasi menganalisis hasil menulis karangan narasi siswa. Teknis analisis data menggunakan proses pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ada 2 hal yaitu: (1)Apabila di urutkan berdasarka hasil skor dengan menggunakan penilaian maka kesalahan yang sering atau paling banyak dialkukan siswa kelas VA SDN Adiarsa Timur 1 adalah kesalahn dalam menulis huruf kapital dan penggunaan tanda baca, kesalahan dalam menentukan tokoh dan mengembangkan karakter dari setiap tokohnya, kesalahan dalam pemilihan kata/ diksi, kesalahan dalam menulis cerita sesuai dengan alur, dan yang terakhir adalah penempatan latar. (2) faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menulis karangan narasi adalah materi yang disampaikan belum sepenuhnya diberikan, kurangnya latihan mengarang, siswa cenderung lebih suka bercerita daripada menulis, pemahaman mengenai kebahassan yang kurang, dan siswa merasa kebingungan untunk menentukan ide pokok.
Kata Kunci: Menulis karangan Narasi, ejaan, kesalahan menulis
Detail Information
Citation
. (2020).Analisis Kesalahan Dalam Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas V SDN Adiarsa Timur 1 Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd