Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mulyasejati IV Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sain siswa Sekolah Dasar. Populasi yang digunakan siswa kelas IV SD Negeri Mulyasejati IV, beralamat di Dusun Pasir Pogor Kecamatan Ciampel Karawang berjumlah 20 siswa. Desain dalam penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest, yaitu siswa kelas IV terlebih dulu diberikan tes awal selanjutnya diberikan penerapan pendekatan saintifik. Hasil dari uji validitas soal essai keterampilan proses sains pada materi dalam buku tema 2 subtema 1 pembelajaran ke 1 diperoleh 11 soal essay valid dari 15 soal essai. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r_11 sebesar 0,879. Berdasarkan hasil nilai belajar siswa berupa pretest dan posttest pengujian yang telah dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t Paired Samples Test. Statistik deskriptif terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 467,50 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 731,25 terbukti nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretes. Uji-t Paired Samples Test pretest dan posttest sebesar 10,978 dengan sig (2-tailed) sebesar 0.000 ≤ 0.05 dengan n= 20 yang artinya menunjukan H_1 ditolak jadi terbukti bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains siswa Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Proses Sains
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Nurhikmah, Aisah - Personal Name Harmawati - Personal Name Yulistina Nur DS - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 200015 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2020).Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mulyasejati IV Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd