Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Nagasari III Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa SDN Nagasari III Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan model penelitian nonquivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Nagasari III Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 445 siswa. Penelitian ini mengambil sampel menggunakan teknik non random sampling atau tidak dilakukan secara acak. Sampel penelitian diambil dari nilai pretest siswa di kelas VA dan VB SDN Nagasari III. Teknik pengumpulan data melalui angket sikap peduli lingkungan siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan uji-t. Hasil dari validitas angket sikap peduli lingkungan siswa diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 20 butir instrumen yang diuji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,932. Hasil penelitian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap peduli lingkungan siswa yang menerapkan model problem based learning (PBL) dengan yang menerapkan metode ceramah. Hal ini diperoleh thitung = 4,189 > ttabel = 1,770 dengan signifikansi 0,05 dan n = 30 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa.
Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Sikap Peduli Lingkungan Siswa
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Yusna, Anggi - Personal Name Harmawati - Personal Name Yulistina Nur DS - Personal Name
|
Edisi |
Print |
No. Panggil |
TA/SD 200013 |
Subyek |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan
|
Klasifikasi |
PGSD |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
karawang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
PGSD |
Citation
. (2020).Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Nagasari III Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd