Detail Cantuman

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Nagasari III Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Nagasari III Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa SDN Nagasari III Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan model penelitian nonquivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Nagasari III Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 445 siswa. Penelitian ini mengambil sampel menggunakan teknik non random sampling atau tidak dilakukan secara acak. Sampel penelitian diambil dari nilai pretest siswa di kelas VA dan VB SDN Nagasari III. Teknik pengumpulan data melalui angket sikap peduli lingkungan siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan uji-t. Hasil dari validitas angket sikap peduli lingkungan siswa diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 20 butir instrumen yang diuji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,932. Hasil penelitian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap peduli lingkungan siswa yang menerapkan model problem based learning (PBL) dengan yang menerapkan metode ceramah. Hal ini diperoleh thitung = 4,189 > ttabel = 1,770 dengan signifikansi 0,05 dan n = 30 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa.

Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Sikap Peduli Lingkungan Siswa


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yusna, Anggi - Personal Name
Harmawati - Personal Name
Yulistina Nur DS - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/SD 200013
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan
Klasifikasi PGSD
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik PGSD


Citation

. (2020).Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Nagasari III Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id