Detail Cantuman

Studi Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya (Penelitian Studi Kasus Kualitatif di MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)

Studi Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya (Penelitian Studi Kasus Kualitatif di MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)


Menulis merupakan alat komunikasi secara tidak langsung antar penulis dan pembaca dalam ragam bahasa tertulis. Seseorang dapat memahami pesan apabila mengerti dan memahami simbol tulisan yang terdapat dalam pesan tersebut. Oleh karena itu, seorang penulis perlu menguasai kemampuan dalam menulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan ejaan pada karangan deskripsi siswa kelas IV MI Ar rahmah Citra Kebun Mas Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab kesalahan ejaan disebabkan karena kurangnya motivasi, intelegensi siswa rendah, pembelajaran yang kurang maksimal. Sehingga berdampak pada hasil karangan deskripsi yang terletak pada penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang tidak sesuai kaidah-kaidah penulisan, seperti kesalahan penulisan huruf kapital pada awal kata dan kalimat banyak terjadi pada saat siswa menuliskan kata baru atau pada pergantian kalimat. Siswa belum terlatih keterbiasaan dari siswa itu sendiri. Begitu juga pada tanda baca, pengetahuan siswa yang kurang akan kaidah tanda baca seperti tanda titik, tanda koma, dan tanda hubung membuat siswa kesulitan menempatkan tanda baca tersebut di dalam tulisan deskripsinya. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru pada saat pelajaran tema tentang kompetensi dasar bahasa Indonesia harus meningkatkan kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada penerapan ejaan dalam hal penggunaan huruf kapital dan tanda baca dengan mengkombinasikan metode pembelajaran yang ada pada saat menulis karangan deskripsi. Begitu juga pada siswa harus sering membaca buku pedoman ejaan yang disempurnakan dan harus memahaminya. Selain itu, siswa juga harus mengikuti arahan yang diberikan oleh guru dan lebih sering melatih keterampilan menulisnya.

Kata kunci: kesalahan ejaan, karangan deskripsi


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wijaya, Renaldi - Personal Name
Anggraeni, Sri Wulan - Personal Name
Prihamdani, Depi - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/SD 200006
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan
Klasifikasi PGSD
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik PGSD


Citation

. (2020).Studi Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya (Penelitian Studi Kasus Kualitatif di MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id