Detail Cantuman

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Soal Open-Ended Pada Materi FPB Siswa Kelas IV SD (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDS Sartika Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Soal Open-Ended Pada Materi FPB Siswa Kelas IV SD (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDS Sartika Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika melalui soal open-ended, deskripsi tingkat kemampuan berpikir kreatif dan hambatan yang dialami siswa dalam berpikir kreatif matematika. Alasan penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Sartika, subjek yang dipilih masing-masing 2 siswa dari kategori tinggi, sedang, dan rendah yang berasal dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan berpikir kreatif mengacu pada tiga indikator dalam kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah berikut tahap reduksi, penyajian data, dan verifikasi atau membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa belum berkembang maksimal, sehingga dapat diperoleh (2) subjek pada kategori kemampuan berpikir kreatif matematika tinggi yang termasuk ke dalam TKBK 4 (sangat kreatif), (2) subjek pada kategori kemampuan berpikir kreatif matematika sedang yang termasuk ke dalam TKBK 3 (kreatif), dan (2) subjek pada kategori kemampuan berpikir kreatif matematika rendah yang termasuk ke dalam TKBK 1 (kurang kreatif) dan TKBK 0 (tidak kreatif). Secara keseluruhan untuk siswa yang berkemampuan rendah perlu dibimbing agar kemampuan berpikir kreatif dapat berkembang. Hambatan yang terjadi dalam berpikir kreatif matematika karena kebiasaan atau tradisi, waktu dan energi yang terbatas dan lingkungan yang kurang mendukung.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir kreatif Matematika, soal Open-Ended, FPB


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Putri, Syifa Kamala - Personal Name
Fitri, Ayu - Personal Name
Haerudin - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil TA/SD 200002
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan
Klasifikasi PGSD
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit karawang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik PGSD


Citation

. (2020).Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Soal Open-Ended Pada Materi FPB Siswa Kelas IV SD (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDS Sartika Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Repository University of Buana Perjuangan Karawang

Media Sosial / Kanal

Address

Universitas Buana Perjuangan Karawang
Jl. Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya
Telukjambe Timur, Karawang
Email: perpustakaan@ubpkarawang.ac.id